Home » » Apa Jadi Tempat TinggalKu Penuh Sampah

Apa Jadi Tempat TinggalKu Penuh Sampah

Written By Budi Firmansyah on Rabu, 16 Januari 2013 | 2:34 AM

Mendengar istilah Sampah pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, terbayang dan terlintas dalam benak kita berupa tumpukan barang limbah yang tidak sedap dilihat serta beraroma busuk menyengat. Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah adalah zat kimia, energi atau makhluk hidup yang tidak mempunyai nilai guna dan cenderung merusak.
Sampah merupakan konsep buatan manusia, dalam proses-proses alam tidak ada sampah, yang ada hanya produk-produk yang tak bergerak (wikipedia). Sampah dapat berada pada setiap fase / materi, yaitu fase padat, cair, atau gas. Ketika dilepaskan dalam fase cair dan gas, terutama dalam fase gas sampah ini disebut sebagai emisi berkait dengan polusi. Bila sampah masuk ke dalam lingkungan (ke air, ke udara dan ke tanah) maka kualitas lingkungan akan menurun. Peristiwa masuknya sampah ke lingkungan inilah yang dikenal sebagai peristiwa pencemaran lingkungan. 
Berdasarkan sumbernya sampah terbagi menjadi sampah alam, sampah manusia, sampah konsumsi, sampah nuklir, sampah industri, dan sampah pertambangan. Sedangkan menurut sifatnya sampah dibagi menjadi dua yaitu; 1) sampah organik atau sampah yang dapat diurai (degradable) contohnya daun-daunan, sayuran, sampah dapur dll, 2) sampah anorganik atau sampah yang tidak terurai (undegradable) contohnya plastik, botol, kaleng dll.
Masalah sampah kerap kali menjadi bahan perbincangan di berbagai kalangan, namun sampai saat ini belum ada langkah konkrit dari pemerintah maupun dari seluruh lapisan masyarakat guna menanggulangi masalah kepadatan sampah. Butuh kolaborasi yang nyata antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan yang kita dambakan bersama.
Jangan pernah menganggap masalah sampah sebagai masalah sepele karena dampak negatifnya yang dapat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan. Selain menjadi sumber bakteri penyakit , sampah yang menumpuk dan tak terkelola dengan baik dapat mengurangi keindahan kota yang berdampak pada terhambatnya perkembangan kepariwisataan di kota tersebut. Selain itu layaknya kita sadar bahwa kebersihan melambangkan kepribadian bangsa yang bersih dan luhur karena kebersihan dan keindahan suatu negeri mencerminkan moral, mental dan tingkah laku masing-masing individu dalam suatu bangsa.
Tentunya pemecahan permasalahan ini tidak dapat dilakukan dalam sekejap mata. Hal ini merupakan suatu permasalahan rumit yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuntaskannya, namun artinya bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Asalkan… Setiap elemen masyarakat dan pemerintah bersedia bersama – sama MULAI memberikan dirinya untuk terlibat secara serius dalam usaha melestarikan kebersihan lingkungan kita dari sampah – sampah yang berserakan.
Di tempat kita ini banyak sekali sampah – sampah yang berserakan di karenakan tidak ada Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) dan tidak ada masyarakat yang terjun langsung untuk mengurus / pengelola sampah.
Tempat – tempat masyarakat Tayan Hilir membuang sampah yang saya lihat antara lain :
  1. Jembatan
  2. Hutan
  3. Terminal
  4. Jamban 
  5. Dll








 
Contoh yang tidak bertanggung jawab, ingin membuang sampah di sungai tetapi nyangkut di jembatan.
Padahal PEMDES Pedalaman sudah melarang tapi masih saja masyarakat membuang sampah di jembatan pada malam hari.
Saya rasa masing - masing PEMDES di Tayan Hilir harus cepat-cepat mencari Tempat Pembuangan Sampah ( TPS ) dan dari Kecamatan Tayan Hilir mencari Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ).
serta mencari orang - orang yang bersedia  untuk mengurus / pengelola sampah.
Kalo dari Kecamatan dan Pemdes2 Tayan Hilir tidak turun tangan tentang masalah sampah ini, apa jadi kota Tayan Hilir, apakah Kota ini nanti akan disebut kota sampah. Apa kalian mau kota kita ini di panggil seperti itu.
AYOOOO kawan - kawan mari kita berpikir sedikit tentang sampah yang ada di kota kita ini, mungkin kawan - kawan ada saran atau ide tentang gimana cara supaya kota kita ini bukan kota sampah.
(B F)

1 komentar:

Silahkan Lampirkan Catatan Untukku

yamaha bike

yamaha bike
modification of antique bicycles

pensive

pensive
lokasi PB Tayan Hilir